Cara Cek Resi JNE Lengkap dengan Arti Istilah Trackingnya

Bagaimana cara mengecek resi JNE? Apa arti dari kata-kata Resi JNE? Buat sobat pembaca yang sedang mencari-cari tentang hal ini, saya akan menjabarkannya secara rinci mulai dari tatacara pengecekan resi hingga arti dari kata-kata saat tracking atau cek resi JNE.

Akhir-akhir ini belanja online banyak jadi pilihan, memang ada banyak sekali barang yang bisa didapatkan di toko-toko online, seperti baju, peralatan olahraga, onderdil motor dan alat-alat kesehatan serta masih banyak lagi barang-barang lainnya.

Setiap membeli barang secara online, pasti akan dikirim menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang. Dari sekian banyak perusahaan ekspedisi pengiriman barang, JNE adalah salah satu yang paling sering digunakan karena terjamin cepat dan agennya banyak sekali di seluruh Indonesia.

Setelah barang dikirim, kita pasti akan diberikan secarik kertas yang disebut resi pengiriman barang. Kertas resi ini adalah salah satu hal yang sangat penting dalam bertransaksi online. Nggak cuman JNE saja, semua penyedia jasa ekspedisi pengiriman barang pasti akan memberikan kertas resi ketika barang akan dikirim.

Apakah yang dimaksud dengan Resi?

Resi adalah nomor bukti pengiriman. Bentuk resi ini berupa secarik kertas yang di dalamnya terdapat informasi nomor resi, identitas pengirim, identitas penerima, biaya kirim dan isi paket yang dikirim.

gambar contoh resi JNE asli

Dari sekian banyak informasi yang ada di kertas resi, nomor resi adalah salah satu yang terpenting. Nomor resi bisa digunakan untuk mengecek lokasi keberadaan barang dan juga status kiriman barang yang kita tunggu.

Cara Cek Resi JNE

Untuk mengetahui tentang informasi yang ada pada resi JNE. Kita perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu, caranya mudah banget, contohnya seperti berikut ini.

1. Pertama-tama silahkan kunjungi website cek resi JNE resmi, kamu bisa mengunjungi link https://www.jne.co.id/id/tracking/trace

gambar situs cek resi JNE paling akurat

2. Kemudian kamu akan melihat tampilan seperti ini, silahkan isi dengan nomor resi JNE yang benar.

3. Jangan lupa juga untuk memasukan kode captcha yang benar sesuai dengan yang kamu lihat.

gambar kata-kata Resi JNE

4. Kemudian akan muncul nomor resi kiriman kamu, silahkan klik nomornya.

gambar hasil tracking resi JNE

5. Lalu akan muncul semua informasi tentang nama serta alamat pengirim dan penerima barang. Ada juga informasi tentang status pengiriman.

6. Selesai

Arti Istilah Tracking JNE.

Sewaktu melakukan pengecekan resi akan muncul status kiriman barang. Tak sedikit juga yang nggak ngerti artinya karena menggunakan bahasa Inggris yang sulit untuk dipahami. Berikut ini adalah arti dari kata tracking resi JNE terbaru

Manifest: artinya bahwa barang yang dikirim baru diinputkan di kantor JNE asal. Ini menandakan barang belum dikirim, baru didaftarkan saja.

On-Process: artinya bahwa barang sudah dalam proses pengiriman dan perjalanan menuju kota tujuan.

On-Transit: artinya bahwa barang baru transit di kota tertentu. Misalnya jika barang di kirim dari Jakarta ke Jember, maka akan transit dulu di Surabaya.

Received On Destination: artinya bahwa barang sudah sampai di kota tujuan atau JNE cabang kota tujuan. Tapi barang sedang akan dikirim ke alamat tujuan.

Delivered: artinya bahwa barang sudah sampai ke alamat tujuan dan jika nanti akan ada informasi nama penerima barangnya.

Cnee Unknown: artinya bahwa nama penerima tidak diketahui saat sudah diantar ke alamat tujuan.

Criss Cross: artinya bahwa barang tertukar dengan barang lain.

AU to OPS: artinya bahwa antar ulang atau serah terima dari bagian undelivery (yang menangangi kiriman bermasalah) ke bagian operasaional agar dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang benar.

AU (Antar Ulang): artinya bahwa barang akan di antar ulang, karena belum sempat di antar oleh kurir pada hari sebelumnya.

Redelivery: artinya bahwa barang akan di antar ulang.

BA (Bad Address): artinya bahwa alamat tujuan tidak jelas atau tidak ditemukan.

MR (Misrouter): artinya bahwa pihak kurir salah mengantarkan barang, salah jalur pengiriman.

Closed Once Delivery Attempt: artinya bahwa kurir sudah ke alamat tujuan, tapi rumah dalam keadaan kosong.

NTH (Not At Home): artinya bahwa barang sudah diantar ke alamat tujuan oleh kurir tapi penerima sedang tidak di rumah.

Box Undel (Box Undelivered): artinya bahwa barang sudah dikirim ke alamat tujuan oleh kurir, tapi di alamat tujuan tidak ada orang. Kurir sudah menghubungi nomor penerima tapi tidak mendapatkan respon.

LBA (Luar Batas Antar): artinya bahwa alamat tujuan berapa di luar jangkauan JNE. Hal ini disebabkan alamat terlalu pelosok.

HO (Hold): artinya bahwa barang dalam kondisi ditahan oleh pihak JNE.

HVS (High Value Shipment): artinya bahwa barang yang dikirim bernilai tinggi.

CL (Close): artinya bahwa barang dikirim ke alamat tujuan tapi tidak ada penerima.

FW (Forward): artinya bahwa barang diteruskan ke agen JNE kota tujuan.

Akhir kata

Saya kira itu saja bahasan tentang cara mengecek resi JNE dan arti istilah saat melakukan tracking resi JNE. Semoga bisa membantu kamu ketika melakukan tracking resi JNE. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *