Cara Cek IMEI di Situs Kemenperin

Beberapa bulan ini, masyarakat dihebohkan dengan peraturan baru dari Kemenperin. Peraturan ini bikin heboh karena menyangkut gadget yang beredar di Indonesia.

Apakah itu?

Aturan ini dibuat oleh pemerintah untuk memberantas smartphone ilegal yang berasal dari black market atau BM yang beredar secara resmi di Indonesia.

Tentu saja hal ini membuat para pengguna smartphone was-was dan kepo apakah smartphone miliknya termasuk legal atau ilegal yang lebih familiar disebut blackmarket.

Supaya rasa penasaran masyarakat terjawab, Kemenperin memberikan solusi dengan merilis situs khusus yang berguna untuk cek IMEI ponsel asli di Kemenperin.

Pada awalnya, banyak masyarakat yang mengeluh tentang cek imei kemenperin tidak bisa atau down dengan ini masyarakat perlu bersabar untuk mengetahui apakah IMEI smartphone nya terdaftar di Kemenperin.

Tapi kini cek IMEI di Kemenperin sudah bisa dilakukan, dijamin informasi nya lebih lengkap dibanding sebelumnya. Jadi kalian sekarang bisa melakukan cek IMEI online Kemenperin.

Cara Cek IMEI online Kemenperin

Untuk kalian yang ingin mengecek IMEI pada situs resmi Kemenperin, Adya Razan akan menjelaskan langkah-langkah nya seperti berikut ini:

  1. Pertama-tama buka menu telepon, lalu silahkan dial *#06#
  2. Nantinya akan muncul IMEI smartphone kamu, silahkan catat.
  3. Selanjutnya buka aplikasi browser lalu Silahkan akses situs imei.kemenperin.go.id.
  4. Lalu kalian akan disuguhi tampilan awal dari situs ini.
  5. Kemudian kalian tinggal masukkan nomor IMEI smartphone, jangan lupa cek list captcha nya.
  6. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul pesan seperti ini jika smartphone kalian terdaftar.
  7. Selesai

Memang mudah sekali untuk melakukan pengecekan smartphone asli atau palsu di Kemenperin. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *